Jurnalistik.Smaliska (04/10) Assalamualaikum, Sobat SMALISKA! Kali ini, sekolah tercinta kita mengadakan Gelar Karya P5 untuk siswa/siswi SMA Al-Islam Krian, khususnya peserta didik kelas X dan XI. Gelar Karya ini dilaksanakan pada tanggal 27 September 2023. Acara ini dilakukan sebagai bentuk pengakuan formal kepada para siswa/siswi karna telah mewujudkan karya nyata yang signifikan melalui kegiatan P5. Dengan kerjasama dan semangat antusias para siswa/siswi, Gelar Karya ini sukses dilaksanakan secara meriah. 

Meriahnya acara ini, tentu memerlukan persiapan yang matang. Persiapan ini dilakukan mulai tanggal 13 September 2023, hingga waktu Gelar Karya tiba. Tahapan pengenalan, perencanaan, hingga aksi nyata dilakukan secara bertahap selama 2 minggu. Para peserta didik sangat antusias dalam mempersiapkan Gelar Karya ini. Meski mengalami beberapa kendala, hal itu tak menyurutkan semangat para peserta untuk memeriahkan acara Gelar Karya ini, loh!

Acara yang bertempat di lapangan SMA Al-Islam Krian ini, berlangsung pada pukul 06.45 hingga 13.45 WIB. Para peserta didik kelas X dan XI, diperbolehkan melakukan persiapan akhir sebelum Gelar Karya dimulai. Banyak siswa/siswi kelas XI berkumpul dilapangan untuk mempersiapkan stand pameran mereka. Sedangkan siswa/siswi kelas X, sibuk mempersiapkan properti untuk penampilan panggung mereka. 

Dimulainya acara ini, diawali dengan sambutan meriah oleh MC Acara, yaitu Nadia & Abinata. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama musikal oleh kelas X. Penampilan drama musikal ini dibawakan oleh peserta didik kelas X.4 hingga X.9. Kemampuan bermain peran mereka, sukses menghipnotis semua orang. Berbagai macam tarian dengan iringan musik jawa, ditampilkan dengan lihai oleh mereka. Banyak siswa/siswi yang menonton, menikmati penampilan drama ini. 

Tak hanya itu, beberapa produk hasil rekayasa teknologi yang telah dipersiapkan oleh peserta didik kelas XI, cukup menarik perhatian banyak orang. Mulai dari Rekayasa Tepat Guna, Digital, hingga Pangan, semua produknya dinilai sangat kreatif. Terlebih lagi, karya karya terbaik yang dipilih banyak mendapat sorotan setelah dipresentasikan di atas panggung. Ada pula beberapa produk hasil rekayasa pangan yang dijual di lapangan. 

Pameran karya juga dilakukan oleh peserta didik kelas X, khususnya X.8 hingga X.10. Pameran indoor ini di lakukan di ruang kelas XI.7. Mereka menampilkan beberapa karya dokumenter mengenai tempat-tempat bersejarah yang ada di Sidoarjo. Mulai dari miniatur candi dan makam bersejarah, video cinematic serta vlog, maupun poster, dipersiapkan sebaik mungkin agar para siswa/siswi tertarik untuk melihatnya. 

Kemudian di penghujung acara, pertunjukan wayang ditampilkan sebagai penutup acara. Penampilan gabungan ini, dibawakan oleh peserta didik dari kelas X.1 hingga X.3. Wayang wayang yang mereka buat, digunakan sebagai properti dalam pertunjukan kali ini. Tentunya, pertunjukkan wayang ini direspon baik oleh para penonton. Meski menjadi penampilan penutup, penampilan wayang ini mendapat banyak tepukan tangan dari para penonton.

Aaqilah Zalfaa Ardiansyah

(XI.02)