Studi Banding Osaka ke SMAN 8 Yogyakarta

Halo sobat Smaliska. Kali ini kita akan membahas mengenai Studi Banding OSIS SMA Al Islam Krian ke empat. Studi banding pertama di SMAN 3 Malang, Studi banding kedua di SMAn 1 Ponorogo, Studi banding ketiga di MAN 2 Kota Malang dan tahun 2023 ini, OSIS Smaliska telah mengadakan studi banding keempat. Studi banding keempat dilaksanakan tepatnya pada hari Selasa, 07 Februari 2023 dengan tujuan ke OSIS SMAN 8 Yogyakarta. Anggota OSIS Smaliska yang ikut dalam studi banding kedua ini adalah anggota OSIS dari siswa kelas XI dan kelas X.

Acara studi banding kali ini berjalan dengan lancar. Osaka disambut anggota OSIS SMAN 8 Yogyakarta dengan hangat. Mereka sangat humble dan seru. Kalau SMA Al Islam Krian mempunyai singkatan Smaliska, SMAN 8 Yogyakarta memiliki singkatan Delayota. OSIS SMA Al Islam mempunyai nama Osaka sedangkan OSIS SMAN 8 Yogyakarta memiliki nama Pakci. Namun sayangnya, ketua OSIS SMAN 8 Yogyakarta tidak ikut serta dalam acara ini karena berhalangan hadir. Bersyukurnya Osaka tetap didampingi Ketua 01 OSIS SMAN 8 Yogyakarta yang bernama Kak Salma.

Kegiatan studi banding tersebut dilaksanakan di aula SMAN 8 Yogyakarta. Kegiatan dipandu oleh moderator dari Osaka yaitu Nadia dan dari Delayota yaitu Fathiya Annisa. Setelah acara dibuka oleh moderator, selanjutnya pembina Osaka dan pembina Pikci memberi sambutan secara bergantian.

Acara selanjutnya yakni presentasi program kerja. Presentasi pertama disampaikan oleh ketua dan ketua pelaksana dari OSIS SMA Al Islam Krian. Setelah presentasi pertama dan presentasi kedua terdapat sesi tanya jawab. Setelah kegiatan presentasi dan tanya jawab peserta kegiatan yang berasal dari Osaka maupun Pikci saling memperkenalkan diri dan melakukan sharing. Kegiatan selanjutnya adalah ishoma.

Setelah ishoma kegiatan dilanjutkan dengan penampilan pensi dari OSIS SMA Al Islam dan dari OSIS SMAN 8 Yogyakarta. Osaka menampilkan nyanyian. Dua lagu yang dinyanyikan berjudul Klebus dan Sesuatu di Jogja. OSIS SMAN 8 Yogyakarta menampilkan tarian khas Yogyakarta. Tarian tersebut bermakna menyambut tamu. Rangkaian acara terakhir adalah penutupan dan penyerahan vandel.  Anggota OSIS SMA Al Islam Krian juga membawakan oleh-oleh khas Sidoarjo. Setelah rangakain kegiatan di aula selesai, anggota OSIS SMA Al Islam Krian diajak untuk school tour SMAN 8 Yogyakarta. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berisi gabungan anggota OSIS SMA Al Islam Krian dengan OSIS SMAN 8 Yogyakarta. Setelah school tour selesai, Osaka berpamitan untuk pulang kembali ke Sidoarjo.