Smaliska Raih Peringkat 20 Karya Tulis Ilmiah JATIM

Jurnalistik. Smaliska. Sabtu (24/2). Prestasi baru telah diraih oleh dua siswi Smaliska dalam lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat propinsi Jawa Timur. Dua siswi tersebut adalah Iqri Mannisa Buchori (XI MIPA 6) dan Shofi Kartika Arifinanda ( X MIPA 2).


Dua siswi yang cantik ini berhasil duduk di peringkat 20 dari 100 peserta dalam lomba karya tulis ilmiah dan lomba debat mengenai sejarah nasional. Dengan peringkat itu maka mereka berhak untuk mewakili Jawa Timur bersaing dengan peserta lainnya seluruh Indonesia nanti pada bulan Juni di Semarang, Jawa Tengah.
Lomba yang diadakan di hotel @HOM Premiere Manyar Gresik ini diadakan selama empat hari dimulai dari tanggal 20 sampai tanggal 22 Februari. Lomba yang diadakan oleh pemprov Jatim ini bertemakan “Merajut Kesatuan dan Persatuan Bangsa Melalui Sejarah Maritim dan Perdagangan Jawa Timur”
Dua siswi Smaliska yang baru pertama kali ikut lomba ini mendapat bimbingan dari Mom Wardah dan Mom Sandra. Motivasi dan mental kemenangan juga diberikan oleh kakak kelas mereka, Sinta Nazula (XII MIPA 6), mantan juara dua duta anti narkoba kabupaten Sidoarjo.
Sebelum pelaksanaan lomba, kedua peserta telah membuat konsep penelitian yang nantinya dikirim ke panitia sebelum tanggal 8 februari. Kemudian konsep tersebut harus dipertanggungjawabkan di hadapan juri pada saat lomba tentang isi, maksud dan tujuan penelitian. Begitu juga metode penelitian yang digunakan juga sumber buku tertulis ataupun wawancara langsung dengan pelaku utama. Semua pertanggungjawaban tersebut harus disampaikan dalam presentasi dengan media power point.
Dua konsep penelitian yang dibawa ke ajang bergensi ini adalah “Industri pengolahan tahu klagen-tropodo kecamatan Krian Tahun 2010-2018” dan “Dimensi waktu sejarah kerajinan batik tulis kamsatun Jenis-Sidoarjo Tahun 1975-2018” kedua konsep tersebut merupakan buah ide dari kedua pembina yang cantik, kemudian oleh Iqri Mannisa Buchori dan Shofi Kartika Arifinanda dikembangkan lebih luas lagi.
Dari kedua konsep tersebut ternyata yang mendapatkan nominasi adalah konsep tentang “Industri pengolahan tahu klagen-tropodo kecamatan Krian Tahun 2010-2018”. Setelah diuji kelayakan isi oleh panitia, akhirnya konsep ini berhak maju ke lomba KTI tingkat nasional di Semarang yang diadakan oleh BUMD Yogyakarta dan Cagar Budaya Jawa Tengah bulan Juni depan.
“Saya bangga karena diberikan kesempatan untuk mewakili kabupaten Sidoarjo di tingkat provinsi. Dan lebih bangga lagi karena akhirnya salah satu dari karya tulis ilmiah SMA Al Islam ada yang tembus sampai ke daerah jawa tengah” kata Iqri Mannisa Buchori, siswi yang berwajah imut ini.
Selamat buat Smaliska. Semoga semakin bersinar di tingkat nasional.!! (BCR)