Yapalis Master Band, “Band Unik dari Guru Yapalis”

Sobat Gema! Smaliska adalah sekolah yang hebat, muridnya hebat dan gurunya juga hebat. Kalian harus bangga dengan Smaliska!. Salah satu contoh yang mungkin belum banyak diketahui oleh murid Smaliska terutama yang masih baru menjadi warga Smaliska bahwa di sekolah kita terdapat group band yang bisa dikatakan sebagai group band yang unik. Karena seluruh personelnya adalah bapak dan ibu guru serta pegawai  Yayasan Perguruan Al-Islam (Yapalis) yang memiliki latar belakang berbagai macam aliran musik. Group band tersebut bernama “Yapalis Master Band”.

Ide awal untuk mendirikan group band mulai muncul sekitar bulan November tahun 2005. Awalnya hanya kumpul-kumpul biasa sambil refreshing bernostalgia dengan memainkan alat musik karena mereka semua adalah mantan pemain band pada zamannya.

Akhirnya keinginan untuk mendirikan sebuah band baru terwujud dua tahun kemudian yaitu ketika para mantan personel band ini dipercaya untuk mengisi acara hiburan di resepsi pernikahan Pak Amin (guru olah raga Smaliska) dan Mbk. Octa Susan Laksana (Staff Bendahara Smaliska) pada tanggal 19 Januari 2007 di gedung audiotorium SMA Negeri 1 Krian.

Uniknya, group band yang akan tampil di acara yang bersejarah ini masih belum memiliki nama sehingga petugas MC yang akan memanggil dan memperkenalkannya dibuat kebingungan. Di tengah kebingungan akan nama band yang mau tampil tiba-tiba terucap dari bibir Pak Noerrahman (Guru SMP Al-Islam yang saat itu ikut bergabung) sebuah nama “Master Band” sementara yang lain hanya bisa mengangguk setuju.

Nama Master Band mulai dikenal di wilayah Krian dan sekitarnya karena group band yang satu ini sering dipercaya untuk mengisi acara hiburan musik pada sebuah resepsi pernikahan. Terutama bagi para penggemar musik yang berusia setengah baya.

Kiprah group band yang mayoritas personelnya adalah guru Smaliska ini semakin meluas sampai tingkat kabupaten. Terbukti dengan adanya kesempatan tampil di pendopo kabupaten Sidoarjo. Bahkan baru-baru ini dipercaya untuk mengisi acara hiburan di sebuah acara ulang tahun komunitas otomotif di Sidoarjo yang dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Mengingat di daerah Surabaya ada sebuah group band dengan nama yang sama. Maka di depan nama master band ditambah dengan nama Yapalis. Sehingga menjadi “Yapalis Master Band”.  Hal ini dilakukan untuk pembeda dengan group lain yang telah ada serta seiring dengan semakin melejitnya kiprah yapalis master band di masyarakat.

“Yapalis Master Band adalah group band yang unik dan demokratif karena semua personelnya berprofesi sebagai guru dan berlatar belakang aliran music yang berbeda.” Kata Suyanto, S.Kom. wakasek sarpras Smaliska yang juga salah satu personel Yapalis Master Band

Satu hal lagi yang patut diacungi jempol buat personel Yapalis Master Band yaitu talenta yang dimiliki personelnya. Sehingga bisa memainkan berbagai macam jenis musik sesuai dengan permintaan penonton atau pihak yang mengundang. Disamping itu beberapa personelnya telah berhasil mengarang lagu seperti (alm) Pak. Su`ud, Pak Marsudi, Pak Yos, Pak Devit, dan Pak Yanto.

Dalam mengasah kemampuan yang telah ada dan di tengah kesibukan masing-masing personel, maka personel yang ada terkadang hanya membutuhkan latihan beberapa hari menjelang tampil. Sebelum Smaliska memiliki studio sendiri, mereka terpaksa harus menyewa beberapa studio di wilayah Krian untuk latihan.

Sampai saat ini Yapalis Master Band memiliki lebih dari sepuluh personel. Diantara mereka ada yang selalu aktif tampil dalam setiap acara dan ada yang hanya dalam acara tertentu saja mereka bisa tampil. Yang aktif tampil seperti Pak. Yanto (drum), Pak.Marsudi (Keyboard), Pak. Makhful (vocal/ gitar), dan Pak. Hardi (vocal/gitar). Sedang personel yang tampil dalam acara tertentu seperti Pak Devit (gitar), Pak Yos (gitar), Pak Amin (vocal), Pak Nawawi (vocal), Bu. Nurhayati (vocal) dan Pak Haryono (bass). Selamat buat Yapalis Master Band, semoga semakin jaya! (BCR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *