Kunjungan Studi SIC ke PM Gontor dan UNIDA

Jurnalistik. Smaliska. Senin (19/2). Student Islamic Center Smaliska telah melakukan kunjungan studi ke Pondok Modern Gontor dan Universitas Islam Darussalam (UNIDA) kemarin Ahad (18/2). Kunjungan studi yang telah menjadi tradisi tahunan ekstra kurikuler SIC ini memilih pondok pesantren Darussalam Gontor dan UNIDA menjadi tujuannya.

Sebanyak 60 orang peserta ikut dalam kunjungan yang dilaksanakan dalam sehari ini. Peserta studi banding terdiri dari 30 anggota SIC dan kurangnya diambil dari anggota kelas X, XI, XII BHS yang berminat untuk ikut. Sementara itu, pembina SIC  yang ikut dalam rombongan hanya tiga orang yaitu Ust. BMW, Ust BCR dan abah Hasan.

Sesuai agenda rombongan berangkat dari sekolah pukul 07.00 dan sampai di pondok Gontor pada pukul 11:15 . kedatang peserta langsung disambut oleh bagian penerimaan tamu pondok karena panita telah memberikan komfirmasi kedatangnnya terlebih dahulu.

Rombongan langsung diajak keliling pesantren untuk melihat bangunan pondok yang megah serta dinamika kehidupan pesantren. Tiga orang bagian penerimaan tamu yang ganteng-ganteng ini dengan ramah dan sopan menjelaskan semua pertanyaan yang sesekali diajukan oleh rombongan yang mayoritas cewek.

Setelah dirasa cukup, rombongan dipersilahkan untuk masuk ke ruang pertemuan untuk mendapatkan penjelasan tentang kepondokmodernan dari pihak sekretaris pondok, Ust. M. Isa yang tampan. Banyak peserta yang terpesona dengan ustad-ustad pondok yang memang menurut mereka tampan.

“Ustad dan santrinya ganteng-ganteng!” komentar beberapa peserta dengan histeris. Bahkan ada seorang peserta yang berinisial “Y” siswi kelas XI BHS merasa berdebar-debar disaat mengajukan pertanyaan kepada ustad bagian sekretaris pondok tersebut.

Pertemuan tidak berlangsung lama karena rombongan melanjutkan perjalanan berikutnya ke Universitas Islam Darusssalam (UNIDA) yang letaknnya 5 km dari pondok. Sesampai di campus UNIDA kedatang peserta mendapat sambutan hangat dari pihak campus sebagaimana pertemuan sebelumnya di pondok.

Rombongan berkesempatan untuk sholat dan makan siang terlebih dahulu di masjid kemudian dibawa ke gedung pertemuan di lantai 3 yang telah disiapkan oleh pihak kampus. Disela-sela perjalanannya rombongan terlihat terkagum-kagum dengan suasana yang damai di UNIDA.

Sesampai di ruang pertemuan rombongan disambut oleh DR. Khoirul Umam, dekan ekonomi studies yang juga teman sekelas Ust. BCR sewaktu di pondok dulu. Kemudian penjelasaan panjang lebar tentang UNIDA disampaikan oleh Ust. Hasib MA kepala bagiaan kemahasiswaan. Acara selesai pukul 17:00, setelah melakukan foto bersama peserta pamit pulang ke krian.

“Ketika masuk pondok Gontor, terasa begitu damai, santri-santrinya terlihat beridealis. Dinamika begitu cepat berjalan” komentar salah seorang peserta yang baru pertama kali melihat Gontor secara nyata.

Komentar takjub juga terlontar dari seorang pembina SIC. Ust. BMW. Beliau merasa kagum dengan campus yang baru berubah menjadi universitas sejak 2014 yang lalu ini.

“Jiwa keikhlasan dan kedamaian sangat terlihat di wajah para asatid di sini” komentarnya singkat. (BCR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *