Tempati Gedung Laboratorium Komputer Lantai 3 Smaliska Adakan Khotmil Quran

Jurnalistik. Smaliska. Jumat (12/1). Dalam rangka mencari keberkahan dari Alloh SWT atas selesainya pembangunan gedung lantai 3 Smaliska adakan khotmil Quran. Gedung yang telah menelan biaya 2,4 miliar ini rencana akan diresmikan besok Sabtu (13/1) dengan mengundang tamu-tamu dari berbagai macam unsur di wiliyah Jawa Timur.

Sebagai acara perdana adalah pelaksanaan khotmil quran yang diikuti oleh 68 murid Smaliska. mereka yang ikut khotaman merupakan wakil dari setiap kelas X dan XI yang telah dipilih  oleh Ust. BCR selaku penanggung jawab acara ini.

Acara dimulai pada pukul 07.00 dengan bacaan fatiha yang dipimpin oleh Ust. BCR sebagai tawasul semua hajat yang disampaikan kepada Alloh SWT. kemudian peserta yang telah dkondisikan di hari sebelumnya memulai membaca dengan masing-masing peserta mendapat kebagian 1 juz. Hal ini diharap dalam waktu dua jam peserta mampu menghatamkan al-Quran selama 4 kali.

Peserta yang terdiri dari murid laki-laki dan perempuan ini diizinkan untuk tidak mengikuti pelajaran khusus  hari Jumat ini. Mereka terlihat sangat antusia untuk membaca al-Quran dengan pasangannya yang bertugas sebagai pendengar guna membetulkan bacaan yang salah.

Sementara itu sebagai pembaca yang memakai micropon adalah mereka yang memiliki suara bagus dengan didengar oleh teman lainnya secara bergiliran dalam membaca.  Sound system sederhana sebagai pelengkap acara diletakkan di ruangan sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di dalam kelas.

Ust. BCR selaku guru PAI dan Ust. H. Agus Purwanto selaku pembina OSIS ikut menemani pelaksanaan khotmil Quran dari awal sampai akhir. Sesuai rencana awal acara selesai pada pukul 11.00 kemudian peserta mempersiapkan diri untuk sholat jumat di masjid Smaliska. acara istighosa kubro yang diikuti seluruh warga Smaliska digelar setelah sholat jumat yang akan dipimpin oleh Ust. BCR melalui voice sekolah.

“Kami sangat senang dengan adanya acara yang seperti ini, terasa begitu adem di hati. Sebaiknya acara seperti ini bisa diadakan setiap bulannya agar Smaliska semakin berkah. Sesuai dengan nama sekolahan ini al-Islam” kata seorang peserta yang malu disebut namanya.

Usulan serupa juga terlontar dari H. Samsu Huda, Mpdi, guru yang hafal alquran ini mengusulkan agar acara yang sebagus ini bisa dilaksanakan setiap bulannya untuk mendapatkan keberkahan dari Alloh SWT.

Dr.H. Sutijono, MM di awal acara sempat meninjau acara yang pertama kali dilakukan ini. Kepala sekolah yang telah memimpin Smaliska selama 41 tahun mendukung pelaksanaan acara yang penuh berkah ini bahkan  menanggapi positif untuk dilanjutkan di setiap bulannya nanti. (BCR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *